Praktikum adalah suatu mata kuliah tertentu yang dapat menjadi keharusan untuk diadakan, serta di ambil oleh mahasiswa khususnya mata kuliah Jaringan komputer (Jarkom) yang juga memerlukan praktikum sebagai penunjang mata kuliah. Agar pelaksanan praktikum Jaringan komputer lebih terarah maka dibutuhkan sebuah materi yang praktis dan dinamis.

Jaringan Client Server Dengan Samba Sebagai Domain Controller (PDC) di Linux Opensuse ini
dijadikan materi tugas khusus dikarenakan untuk menyempurnakan modul lama. Pada materi sebelumnya mahasiswa kebanyakan mengeluh, karena dalam mempelajarinya mahasiswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang terlalu rumit dan susah untuk di
mengerti dan juga pada saat mempraktekkannya. Pada materi sebelumnya belum disertakan penjelasan yang rinci pada setting domain controller dan belum di lakukan pengetesan user di client.


Materi Jaringan Client Server Dengan Samba Sebagai Domain Controller (PDC) di Linux Opensuse ini sudah tersedia menu dan file repository iso (DVD image). Dengan harapan agar memudahkan praktikan dalam mempelajari ataupun menerapkan Jaringan Client Server Dengan Samba Sebagai Domain Controller (PDC) di Linux Opensuse. Proses konfigurasi atau seting ini dapat dilakukan melalui terminal console atau menu YaST.

Apabila melakukan setting serta konfigurasi melalui terminal console akan menggunakan perintah tutorial. Adapun melalui YaST yang bisa dibilang memudahkan user dalam mensetting atau melakukan konfigurasi dikarenakan adanya repository atau file iso yang di
butuhkan.

Pembelajaran pada materi ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti sebuah jaringan serta mengkonfigurasi Jaringan Client Server Dengan Samba Sebagai Domain Controller (PDC) di Linux Opensuse.

Silahkan download Skrispnya dibawah ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan :