Praktikum dalam mata kuliah tertentu dapat menjadi keharusan untuk diadakan, khususnya mata kuliah Basis Data juga memerlukan praktikum sebagai penunjang mata kuliah. Agar pelaksanan praktikum Basis Data lebih terarah maka dibutuhkan materi pendamping (modul praktikum) Basis Data bagi mahasiswa.

Penyusunan modul praktikum Basis Data harus dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan praktikum, maka dibutuhkan adanyah revisi lebih lanjut pada modul praktikum Basis Data sampai mendapatkan hasil modul praktikum yang relevan. Sebelum adanya revisi, modul pratikum Basis Data ini menggunakan SQL server 2005 dan sekarang direvisi menjadi SQLyog Enterprise, sedangkan dalam lab semua komputer sudah di install dan sudah memakai SQLyog Enterprise, alasan kenapa memilih SQLyog Enterprise karena SQLyog Enterprise lebih familiar dan mudah penggunaanya ada juga keunggulannya dari pada SQLyog Enterprise seperti : Menyediakan pengelolaan function secara dinamis, untuk mengerjakan proses yang akan mengembalikan nilai, tetapi Stored function tidak dapat memproses query data. Selain itu juga menyediakan pengelolaan views secara dinamis.,.

Pada modul ini menggunakan Menu File SQLyog yang merupakan Tool berisi Query Editor yang berfungsi untuk mengedit dan memroses perintah query, Enterprise Manager danutility lainnya. Dan pembahasannya lebih di khususkan pada Data Definition Language (DDL) yang terdiri dari index, view, stored procedure, stored function , dan trigger.

Modul praktikum ini dibuat sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan praktikum Basis Data selanjutnya, yang merupakan kegiatan penunjang mata kuliah Basis Data di Jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Gresik. Modul praktikum ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan dan melaksanakan praktikum dengan lebih baik, terarah, dan terencana. Pada penyusunan modul praktikum ini telah ditetapkan tujuan pelaksanaan praktikum dan semua kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa serta teori singkat untuk memperdalam pemahaman mahasiswa mengenai materi yang dibahas.

Silahkan download Skrispnya dibawah ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan :