Praktikum adalah suatu mata kuliah tertentu yang dapat menjadi keharusan untuk diadakan, serta di ambil oleh mahasiswa khususnya mata kuliah Basisdata yang juga memerlukan praktikum sebagai penunjang mata kuliah. Agar pelaksanan praktikum Basisdata lebih terarah maka dibutuhkan materi pendamping (modul praktikum) Basisdata bagi mahasiswa. Penyusunan modul praktikum Basisdata harus dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan praktikum mahasiswa maka dibutuhkan adanya revisi lebih lanjut pada modul praktikum Basisdata sampai mendapatkan hasil modul praktikum yang relevan. Aplikasi kasir dengan Database MySQL dan Java ini dijadikan materi tugas khusus untuk menyempurnakan modul lama.


Pada materi sebelumnya mahasiswa kebanyakan mengeluh, karena dalam mempelajarinya mahasiswa merasa kesulitan untuk memahami materi yang terlalu rumit dan susah untuk di mengerti juga pada saat mempraktekkannya. Dan juga pada materi sebelumnya belum disertakan penjelasan mengenai pengkoneksian database MySQL ke Java beserta cara menjalankan Stored Procedure yang sudah di buat dalam MySQL kedalam Java. Sehingga perlu adanya pembaruan modul yang lama agar sesuai dengan kebutuhan pratikan saat ini. Materi Aplikasi kasir dengan Database MySQL dan Java ini koneksi tidak bisa langsung di lakukan harus mempunyai konektor ODBC java terlebih dahulu agar Database yang sudah di buat di MSQL bisa terkoneksi kedalam Java. Proses konfigurasi atau seting koneksi dapat dilakukan melalui Java dengan arahan dan petunjuk yang telah di berikan agar pratikan dapat dengan mudah mengikuti dan belajar sendiri dirumah.

Pembelajaran pada materi ini diharapkan mahasiswa dapat mengerti cara mengkoneksikan Database MySQl ke Java beserta pemanfaatan Stored Procedure yang telah dibuat di MySQl sehingga dapat di kembangkan lebih lanjut menjadi aplikasi di java dengan memanfaatkan database MySQL.

Silahkan download Skrispnya dibawah ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan :