Penglihatan adalah indra yang paling peka sehingga tidak mengejutkan bila citra memainkan peran penting dalam persepsi manusia. Bagaimanapun, tidak seperti manusia yang terbatas dalam band penglihatan spectrum elektromagnetik (EM), mesin pencitraan mencangkup hampir semua spectrum EM. Dengan jangkauan mulai dari sinar gamma sampai gelombang radio. Karena itu pengolahan citra digital mencangkup peran yang luas dan bermacam-macam.

Inovasi teknologi informasi saat ini sangatlah beragam. Berbagai inovasi baru tersebut semakin memanjakan manusia dan memberikan kontribusi menarik dalam membantu menyelesaikan beberapa permasalahan hidup manusia. Salah satunya adalah pengolahan citra digital. Pengolahan citra digital merupakan salah satu metode ilmu pengetahuan dalam mengolah suatu citra atau gambar untuk diproses menjadi citra yang lebih baik dari citra atau gambar asal. Gambar diolah sedemikian rupa sehingga memperoleh informasi dari gambar tersebut sehingga lebih mudah untuk diproses lebih lanjut.

Salah satu bidang yang menggunakan pengolahan citra yang saat ini banyak dikembangkan adalah biometric, yaitu bidang yang mempelajari bagaimana dapat mengindentifikasi ciri unik yang ada pada tubuh manusia Manusia merupakan makluk yang paling sempurna, karena diciptakan dengan segala kelebihan yang melebihi makhluk hidup lainnya. Tetapi menusia memiliki karakter, sifat, watak dan perilaku yang berbeda-beda. Dengan mengetahui karakter seseorang, maka dapat membatu dalam menentukan pekerjaan yang dapat mendukung karakter yang dimiliki. Salah satu cara dalam menentukan karakter adalah mendeteksi bentuk kuku tangan. Kuku merupakan bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh untuk melindungi ujung jari. Salah satu fungsi kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut yang penuh urat saraf serta mempertinggi daya sentuh.

Kuku menggambarkan banyak hal tentang kepribadian, dengan berbagai macam bentuk kuku, ada oval (bulat), almond, kerang, persegi, runcing, dan lebar. Dan setiap kuku memiliki arti tersendiri. FAAD dari American Academy of Dermatology (AAD), Andrea Cambio, MD mengatakan, kuku adalah jendela ke dalam tubuh seseorang [BDP]. Melalui kuku dapat terlihat kemungkinan penyakit apa saja yang sedang berproses dalam tubuh. Menurut CND Nail Professional and Education Training Manager, Roxanne Valinoti, seperti dikutip situs beautyriot.com, kuku merupakan bentuk ekspresi dari gaya personal seseorang. Secara kasat mata, memperoleh objek kuku secara utuh sangatlah sulit. Warna antara kuku dan kulit sekitar ujung jari hampir mirip. Sehingga diperlukan ketepatan dalam pengambilan objek kuku. Mulai dari sisi pencahayaan, posisi jari saat hendak di foto, hingga kualitas kamera harus diperhatikan, karena mempengaruhi hasil segmentasi dari pengolahan citra kuku. Hasil segmentasi kuku dapat digunakan untuk mempermudah dalam penelitian lebih lanjut. Misalnya, untuk identifikasi penyakit melalui kuku atau mengetahui bentuk kuku manusia. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk Mensegmentasi citra kuku dengan menggunakan kombinasi Region Growing dan Watershed dengan Region Growing tanpa Watershed pada kuku jari tangan manusia.

Silahkan download Skrispnya dibawah ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan :