Perkembangan computer vision dan teknologi image processing saat ini terus berkembang dengan sangat pesat. Berbagai aplikasi computer vision dan image processing telah banyak dikembangkan, seperti dalam sistem keamanan, kedokteran, dunia robotika dan sebagainya. Computer vision mempunyai tujuan utama untuk membuat keputusan yang berguna tentang obyek fisik nyata dan pemandangan (scenes), berdasarkan image yang didapat dari sensor. Secara sederhana, computer vision ingin membuat mesin pandai yang dapat terlihat. Image processing merupakan salah satu jenis teknologi untuk menyelesaikan masalah mengenai pemrosesan gambar. Dalam image processing gambar yang ada diolah menjadi sedemikian rupa sehingga gambar tersebut lebih mudah untuk diproses. Banyak data yang di peroleh, apabila data yang di amati menampilkan suatu keadaan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Maka dari itu hal-hal yang berhubungan dengan bentuk, ukuran, warna, dan parameter-parameter lainnya yang kita ketahui semua ini karena pada setiap element gambar (pixel), mempunyai kurang lebih dua buah informasi mengenai letak dan warna cat. Semakin banyak informasi yang kita dapatkan dari gambar atau obyek, maka informasi mengenai bentuk, luas, tipe, dan model dari suatu benda dan lainnya. Begitu juga dapat dipergunakan untuk mendapatkan informasi dari obyek atau gambar yang bergerak. Pengenalan nomor plat kendaraan adalah salah satu bidang penelitian yang penting dengan banyak aplikasi yang menerapkannya.

Penelitian terhadap pengenalan nomor plat kendaraan sudah banyak dilakukan dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. Hal ini disebabkan karena nomor plat kendaraan mempresentasikan suatu yang kompleks, sehingga untuk mengembangkan model komputasi yang ideal untuk pengenalan nomor plat
kendaraan adalah suatu hal yang sangat sulit.


Teknik pengenalan nomor plat kendaraan dapat diaplikasikan ke dalam beberapa bidang seperti bidang, komersial dan keamanan. Aplikasi-aplikasi ini dapat diklasifikasikan secara luas ke dalam dua kelompok, yaitu beberapa input aplikasi masih menggunakan gambar diam, sedangkan aplikasi yang lain menggunakan gambar dinamis real time. Ada banyak teknik pengenalan dan pencocokkan pola untuk pencatatan nomor plat kendaraan bermotor, salah satunya dengan metode template matching. Latar belakang masalah diatas peneliti membuat penelitian ini dengan pembahasan pembuatan perangkat lunak pencatatan nomor plat kendaraan bermotor dengan metode Template Matching untuk pencocokan pola pada nomor plat kendaraan bermotor.

Silahkan download Skrispnya dibawah ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan dan pengetahuan :