es giriIde usaha bisa datang dimana aja, kapan saja dan jangan biarkan ide itu hanya menjadi ide dan kemudian menguap begitu saja. saat saya melintasi terminal pemberhentian bis sunan giri, saya melihat begitu banyak jamaah ya turun di terminal dan jalan kaki ke makan sunan giri, ada pula yang naik ojek maupun naik andong. terlintas dipikiran saya, wah kalau saya jualan es di terminal sini pasti rame ni, karena orang pasti akan lelah dan haus apabila berjalan jauh. tanpa pikir panjang saya pun menyusun rencana berjualan di terminal pemberhentian bis sunan giri, pertama adalah ide berjualan es apa, saya melihat penjual es oyen lalu saja kalkulasi misalnya saya berjualan es oyen modal saya berapa, dan saya bandingan lagi saya memikirkan jual es yang murah tapi tidak muraha. akhirnya pilihan itu jatuh pada es kopyor karena saya pikir es kopyor itu pembuatannya tidak memerlukan biaya yang cukup banyak. Cara bikinnya pun sangat mudah, ini adalah resep yang diberikan pada ibuk saya sewaktu membuat es kopyor.

Bahan-bahan yang dibutuhkan
1. Kepala 1 butir
2. Ager-ager swallow 1 bungkus
3. Gula 1 kg
4. ES batu

Cara membuat

  1. Pertama parut 1 butir kelapa yanng sadah kita siapkan, kalau tidak mau repot tinggal di selepkan saja dipasar kemudia jangan lupa airnya dibawa untuk campurkan sirup kelapanya
  2. Setalah itu ambil santannya diusahakan satan tersebut agak kental, kemudian campurkan dengan gula lalu kita masak santan tersebut dangan api yang kecil sampil diaduk-aduk
  3. jika sadah mendidih angkat kemudia selagi panas kita ambil es kemudia pegang ujung es lalu siramkan secara peerlahan santan yang masih panas ke es yang kita pegang agar menghasilkan tekstur seperti isi kelapa yang kita serut. kemudian dingainkan
  4. untuk bahan sirupnya kita masukan air, gula dan daun pandang kemudian masak hingga matang
  5. es kopyor siap di hidangkan😀

untuk mempercantik tampilan say membeli wadah es seperti wadah pop es, agar kesan yang ditimbulkan bahwa es tersebut enak dan bersih oh ya dan tak lupa saya kasih striker seperti diatas Es giri 100% gula asli😀. modal yang saya keluarkan tidak sampai Rp 100.000. tapai dalam implementasi ke lapangan saya menemukan kendala ternyata sewaktu saya jual es saya ke dalam bis ternyata pedagang di dalam terminal tersebut protes karena nanti bisa membuat daganganya sepe. Akhirnya dari pada kiat di marahi akahirnya saya berjualan di depan terminal yang agak sepi..alhamdulilah laku beberapa buah sekitar 15 bungkus es harga es yang saya jual Rp 2.000, ya tidak apa-apa pengalaman adalah guru yang paling berharga😀.