service komputer Setelah berkecimpung dalam dunia service komputer dan laptop, akhirnya saya berdiskusi dengan teman saya untuk membuat suatu usaha sampingan ya itung-itung untuk menambah uang jajan. setelah berfikir cukup lama usaha apa yang cocok untu di terapkan di suasana kampus. Look n see itulah prinsip usaha yang saya terapkan, melihat-lihat disekitar usaha apa yang mempunyai prospek bagus akhirnya di putuskan bahwa kita akan membuka usaha printer. alhammdulilah gayung pun bersambut, salah satu dosen dengan baik hati menantang kita dari pada kumpul-kumpul mending buka usaha print di sini tidak apa-apa. wah ini merupakan kesampatan yang sangat berharga yang tidak akan saya lewatkan. mesti saat itu uang saya belum cukup untuk membuka usaha print akhirnya saya membujuk temen saya untuk mau patungan usaha, akhirnya temen saya setuju akhirnya keesokan harinya kita mencari printer murah di mall surabaya. Kalau mau usaha itu yang faktor terbesar adalah nekat, dan saya termasuk orang yang nekad dan untung saja patner saya orang yang banyak berfikir, jadi koop dan saling melengkapi.

print murah

Rincian biaya buka print murah :
1. Printer Cannon IP2770 harg Rp 500.000,00
2. Kertas A4 merek sinar dunia Rp   26.000,00
3. Kertas F4 merek sinar dunia Rp   30.000,00
4. Lakban Hitam Rp     9.000,00
5. Staples Kertas besar Rp   40.000,00
6. Kertas mika bening 20 x @ 500 Rp     2.000,00
7. Gunting Rp     5.000,00
8. Cutter Rp     3.000,00
9. Penggaris Rp     1.000,00
  Total           Rp 616.000,00

Untung aja kita tidak perlu membayar listrik atau tempat sehingga modal bisa balik dalam waktu kurang dari 2 bulan. kenapa diperlukan waktu sampek 2 bulan sebab awal-awal adalah waktu pengenalan usaha kita kepada temen-temen mahasiswa yang dulunya ngprint diluar atau di warnet akhirnya lama-kelamaan ngeprint ditempat kita.

Faktor usaha ini bisa berkembang

  1. Setiap mahasiswa pasti butuh print untuk mencetak tugas-tugasnya apalagi waktu skripsi karena waktu skripsi, kp, kkn, tugas kelompok
  2. usaha print ini tambah semakin rame disaat akhir semester karena banyak mahasiswa yang membuat proposal nah waktu -waktu seperti itu tidak hanya butuh 1 print saja tetapi 2 print untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.
  3. Kalau konsumen puas dengan pelayanan yang diberikan insyaAllah konsumen akan kembali lagi. Berdasarkan pengalaman kita pelanggan yang setia adalah aset yang sangat berharga makanya jangan kecewakan pelangan.
  4. Paling penting dalam usaha, saya mempunyai keyakinan 2,5 % uang hasil usaha saya sumbangkan, karena itu bukan uang bagian kita nah sisanya baru itu adalah uang kita.
  5. Sabar ya dan jangan pantang menyerah😀