Kali pertama mendapat tawaran jadi pemateri sempat ragu apakah saya bisa,,,jangan-jangan materi yang saya sampekan malah membuat mereka pusing (gara-gara g paham tentang apa yang saya sampaikan…. 🙂 ),,tapi saya iya kan ajakan temen saya, kalau tidak mulai dari sekarang kapan lagi saya belajar menyampaikan materi,,,step awal yang tak ambil adalah <nekat> apapun resikonya ini adalah pijakan saya untuk terus berkembang <kesempatan tidak akan datang untuk kedua kalinya>…. hari yang dinanti pun tiba,…nervous menjangkitiku…untuk beberapa detik diam tanpa kata<d’masiv>…tapi semunya segera sirna setelah sepatah dua patah kata2 keluar dari mulutku…awalnya bingung mulai dari mana,,,,sempat diam beberapa saat..<untuk mikir> tapi untung lah saya telah membuat catatan materi yang aku sampur aduk dari internet dan pengalaman pribadi…🙂
berikut ini adalah materi yang saya sampekan waktu jadi pemateri organisasi di desa Ganden…gresik

Organisasi Yuk !

Organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan saling mempengaruhi untuk suatu tujuan tertentu yang dipahami dan disepakati bersama.

Suatu perkumpulan dapat dikatakan organiasi jika mempunyai syarat-syarat sebagai berikut

  • Mempunyai Visi dan Misi
    Visi adalah suatu tujuan yang  akan ditempuh sebagai target yang harus di capai oleh suatu organisasi. Misi adalah hal-hal yang harus di lakukan untuk mencapai suatu visi(tujuan).
  • Mempunyai Aturan
    Aturan adalah  batasan-batasan yang harus dimiliki organisasi. Jika suatu organisasi tidak memiliki aturan yang jelas maka bisa terjadi penyimpangan yang dapat merugikan organisasi. Bahkan akan menimbulkan konflik kepentingan, dimana setiap anggotanya hanya menginginkan keuntungan individual.
  • Profesionalisme
    Profesionalisme adalah bagaimana cara organisasi itu bertindak. Karena dengan sikap profesional organisasi tersebut akan memiliki citra baik di mata orang lain,dan akan menimbulkan rasa percaya dari klien dan juga rekan-rekan organisasi tersebut.
  • Sumber Daya
    Jika suatu organisasi kehilangan sumber daya maka organisasi tersebut tidak akan bisa bergerak dengan baik
  • Rencana Kerja
    Rencana kerja merupakan susunan kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi

Bagaimana Cara Berorganisasi :

  1. Niyat
  2. Tekat
  3. Jangan malu
  4. Semangat
  5. Jangan menyerah

Keuntungan Beroganisasi :

  1. Memperluas pergaulan
  2. Meningkatkan wawasan/pengetahuan
  3. Membentuk pola pikir yang lebih baik
  4. Menjadi kuat dalam menghadapi tekanan
  5. Meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  6. Melatih leadership (kepemimpinan)
  7. Belajar mengatur waktu
  8. Memperluas jaringan (networking)
  9. Mengasah kemampuan social
  10.  Ajang latihan dunia kerja yang sesungguhnya