Dalam pembuatan project ini kami memilih sebuah tema “perjalanan day”, dimana project ini sedikit menggambarkan suatu pergantian pagi digambarkan dengan matahari terbit dan terus berjalan hingga pagi berganti malam yang digambarkan dengan telah bergantinya matahari menjadi bulan di tengah malam.

Untuk membuat project ini, kami mengawalinya dengan membuat suatu background, yaitu dengan menggunakan komponen image  lalu  mencari gambar yang kita inginkan melalui property picture.

Selanjutnya, tema kita “perjalanan day” kita buat dari komponen label. Yang bisa berjalan dengan bantuan komponen timer.

Langkah kedua kami membuat sebuah  wadah yang merupakan tempat mengekspresikan “perjalanan day”, dengan memanfaatkan komponen  GroupBox  yang captionnya kami beri nama “jendela” dan  melalui properties color kami mengubah warnanya menjadi biru muda.

Selanjutnya dalam groupbox tersebut, kami  menambahkan 2 komponen label dan 1 komponen paintbox. Melalui 3 komponen tersebut kami mengekpresikan “perjalanan day”, dalam paintbox kami menampilkan sebuah rumah, jalan, matahari&bulan yang mana kita animasikan sehingga dapat memberikan suatu gambaran tentang pergantian pagi menjadi malam.

Kami menambahkan 3 komponen button sebagai tombol “mulai”, “refresh”, dan “selesai”

Silahkan download
Materi : Animasi perjalanan day dengan delphi
Program : Animasi perjalanan day dengan delphi