Tips menjadi mahasiswa yang pinter dan pasti dicintai kampus (ya mungkin karena aq terlalu banyak beraktifitas di organisasi sehingga agak kecewa di akademik) mungkin sekeder sebagai bentuk pencerahan aja,,sehingga dari situ aq terinspirasi dan  menghasilkan beberapa tips bayangan ( lho k bayangan, emang g bisa nyata ya jangan-jangan Cuma OmDo (Omong Doang) …etz jangan berfikir jelek dulu, ini Cuma berandai-andai jika saya menjadi, dikasih kesempatan atau apapun) mungkin tips ini bisa manjadi inspirasi bagi qt semua…..hehehhehe 🙂

  • Awal tujuan masuk kita kuliah adalah untuk mencari ilmu setinggi-tingginya kalau perlu sampai kelangit ke 7..hehehehe🙂 , jadi tujuan kita  jelas dari sini, soalnya apa seiring berjalannya waktu tujuan awal kita banyak terkontaminasi bakteri-bakteri seperti e-organisasai, e-hura-hura, atau e-apalah yang g jelas mendingan dari sini kita stop aja dari pada buang-buang waktu dan tenaga..percum tak bergun (percuma tak ada gunanya) jika ujung-ujungnya nanti hanya penyesalan. Tapi perlu diinget juga ada hal-hal yang positif lho yang dapat diambil pertama kita akan terbiasa jalan-jalan dikampus karena apa orang aktif diorganisasi itu pasti kerjaannya jalan memulu mungkin boleh dikata paling sampai hafal petugas kebersihan atau OB pada dirimu karena teerlalu aktif jalan-jalannya muter kampus tiap hari,,,positifnya itung-itu sebagai pengganti olahraga jogging pagi, kedua pasti dengan seringnya kita muter-muter kampus orang pasti mengingat kita (dalam hati bilang kasihan ya anak ini kerjaanya muter-muter kampus kayak kurang kerjaan saja)…ckckckcckkc
  • kalau lagi kuliah, ya serius kuliah. Jangan pake jam kuliah buat SMSan, nonton film di laptop, facebookan (sama kayak aq ), ngupil(y skali2 si gpp ngupiL, kan skali kali tapi jangan keasyikan ya). Terus selalu berusaha dengan sepenuh tenaga dan jiwa memahami apa yang diterangkan dosen di depan kelas (ada gak ya dosen yang neranginnya di belakang kelas????hahahaah, dosen aneh itu pastinya). Jangan sampai malah ngelamun atau ngeblank,,bisa kesurupan, makanya kalo pagi sarapan doeloe jangan minum air putih duankkk!!!. Nggak harus bener-bener ngerti 100%, tapi paling enggak,,, ya absensi lah dipenuhin kerena apa syarat minimal ikut UAS atau UTS adalah 70% kehadiran.., hohoho, gak2, paling gak yo kita tahulah dosen itu lagi nerangin apa. Jangan beliau lagi nerangin flow chart di pemrograman, eeee… kita kirainnya daur hidup nyamuk aedes aegepty, kan gak nyambung. Wkakakak….
  • Belajar dari temen kita yang menerut kita lebih mengerti. Nah tantangan kita biasanya dari sini kita cenderung tidak mau mengakui atau bahasa kerennya “ngerumangsani” bahwa kita itu belum paham sehingga butuh bimbingan atau bantuan temen. Jika temen kita sudah berusaha menerangkan dengan sungguh-sungguh tapi tapi tetep aja qt  belum paham berarti qt nya yang OON…hehehehehheehe🙂 . Tapi permasalahannya biasanya qt tidak mengikuti pelajarang mulai dari awal, kebanyakan izin, pak ada ini, pak ada itu, pak maaf telat, pak maaf macet, pak mau jemput adik, pak masih repot dirumah, pak pak dan pak . karena apa biasanya pelajaran itu bersambung kayak sinetron ditivi-tivi kalu kita kelewatan kita bakalan nyesel kan sama kayak belajar di kelas. kita akan males untuk mendengarkan ocehan dosen apabila apabila kita tidak paham, tapi kalau qt paham masalahnya akan beda lagi  Kejarlah matahari…maksud saya kerjarlah prestasi dengan sungguh-sungguh pasti bisa,,nothing is imposible. Ada pepatah jawa kuno bilang “belajar itu ibadah, prestasi itu indah”
  • Jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Hmmmm termasuk tugas, kuis dan kerja kelompok  ini adalah godaan terbesar dan terberat yang pernah ada, aq sendiri agak susah mau nulisnya tips yang keempat ini kerena apa sama aja menyindir diri sendiri…hehehehehehhe🙂. pernah suatu ketika ada tugas dikasih waktu 3 bulan lah dari salah satu dosen saya, tapi berhubung saya suka menunda-nunda pada akhirnya tugas itu menyisakan waktu 5 hari aja dan aku sama sekali belum siap, tak lihat temen-temenku tinggal finising aja sementara aq bahan aja belum dapat , padahal bobot tugasnya agak berat sih tapi karena dikejar-kejar pak polisi maksud saya deadline akhirnya tugas itu selesai juga dengan susah payah. Hasilnya tidak terlalu mengecewakan sih, tapi cukup melelahkan. ..ya pada intinya sebisa mungkin tugas kita kerjakan dengan secepatnya, entah itu mencontek teman, atau mengambil diam2 sampai bertanya pada paranormal seperti mbah google, tente wingkipedia, adek yahoo,sampek mbak youtube…yang penting tugas selesai. Ada moto dari pak yusuf kalaa,,,,lebih cepat lebih baik
  •   Antara rapat organisasi dan kuliah. Saya sendiri juga merasa agak berat lah membahas tips ini, soalnya apa, saya juga agak kerepotan/kualahan/kebingungan dalam mengatur jadwal rapat untuk organisasi dan masuk kuliah.  saolnya apa biasanya rapat organisasi kadang bersamaan dengan jadwal kuliah. Tapi perlu kita kaji dan tela’ah lagi tingkat prioritas kepentingan. Jadwal kuliah sudah lama ditetapkan tapi jadwal rapat itu hasil kesepakatan bersama. jadi pinter-pinter aq jika loby pada waktu memutuskan kapan akan diadakan rapat lagi. sementara itu  kalau tidak ada ketegasan dalam menentukan waktu untuk rapat, biasaya temen-temen memilih menghindar alasanya juga bermacam-macam”maaf saya kuliah”,”maaaf banyak tugas”,”maaf gigi saya sakit”,”maaf mas tiba2 perut saya sakit karena lihat mas”…glodak…hehehehehe, tapi yang jelas menurut pengalaman saya pribadi yang sudah 2 tahun berkecimpung didunia persilatan, maksud saya organisasi..mending sekarang prioritaskan kuliahmu dulu, kasihan tu orang tua nunggu “kok g lulus2 ya anakku”,kasihan anak istri dirumah kalau kita tidak cepet lulus, kasihan dosen-dosen (mungkin dah bosen lihat tampang-tampang kita)…..kasihan…heheehehe
  •  Apresiasinya mana?. lho k tambah tanya apresiasi sih tambah g jelas aja,,tpi perlu kita bahas juga Mungkin temen-temen yang sudah terlanjur berkecimpung, bermandikan keringat darah dan mempunyai semangat pejuang 45 dalam berorganisasi sebenarnya tidak mengaharapkan berlebihan lah,,,ntar dikirai lebay lagi (please jangan lebay)…hehehehehe. kadang kebangetan juga kali, kenapa aq bilang kebangetan padahal kita lho berjuang bukan untuk diri kita sendiri tapi untuk orang banyak ,tapi yang kita perjuangakan g merasa diperjuangakan,,,aneh kan????nah terus kita selama ini berjuang untuk apa???? (mungkin untuk hantu om). bisa aku ditarik kesimpulan,,ya sekedar realita yang ada aja lah,bahwa qm lho dah berjuang mati-matian sampek nilaimu aja senin-kamis,,maksudnya nilai akademikmu  menghawatirkan (antara  C, CD, D),,,,harus masuk ICU aja biar selamat hehehehehe🙂 …..jadi apresiasi disini mungkin bisa juga bimbingan khusus , tambahan nilai , paling tidak ucapan terimakasih lah untuk temen-temen aktifis. Soalnya waktunya banyak kesita untuk mikirin orang banyak (pantes jadi anggota dewan). Tapi kalau tidak ada apresiasi ya ma gimana lagi (masak kita harus demo…malu kali🙂 )ibarat kata bukan hanya guru aja yang jadi pahlawan tanpa tanda jasa, tapi juga para aktivis organisasi jadi pahlawan sesiangan (kasihan dech lho),,,,,,
  • Cari tahu seawal mungkin ujianya kayak gimana. Disini bukan didefinisikan cari bocoran soal ujian tapi lebih menekankan pada persiapan diri untuk mempersiapkan ngerpek kita…heheehe (jangan ditiru) ya udah gini aja kita petakan dan analisa keadaan bangku-bangku kita ujian pilih tempat yang paling potensial untuk mencontek, ngerpek, atau menyali, atau dll (ini juga bukan) maksunya soalnya open book atau close buku, terus buku pegangan apa yang menjadi bacaan wajib dosen tersebut kalau perlu kita pinjem buku tersebut dari dosennya langsung….biar lebih akurat. Terus jangan lupa pinjem catatan temen kita yang lengkap, kita fotocopy dan kita bawa dan pelajari sewaktu ujian…(sama kayak aq,tapi yang bener sebelum ujian kita pelajari)…..atau bawa flasdish untuk ngopi file-file dari temen kita bukan ngopi film lho, ,,,heeehehehe. Pelajari jangan hanya ngopi aja,  kalu perlu ada sambungan USB dikepala kita colokan aja biar koneksinya ke kepala kita ada bayangan materinya (ngimpi kali🙂 )
  • Jangan bantah kedua orang tua loe karena mereka sudah dengan pasti ikhlas dunia aqirat, ikhlas jasmani dan rohani membiayai qt kuLiah secara materiiil dan spirituiL… byuh,,, ampun wes kalo dah urusan ma OrTu, q gak bisa bebrbuat banyak, ya knp ya? pemikiranQ simpel aja, kalo bukan karena mereka siapa lagi buat qt bisa kuLia (kalau aq sih dibiayai bulek saya, tapi aq mengambil keseimpulan rata-rata aja), maksudq bisa mmbawa Q mpe sampai disini, Q bisa punya laptop trus q pakai ngetik tips2 ini (dibelikan Ortuq), Q bisa beli makan, ato q bisa dapet kerja trus q pakai biaya kulia, ato q bisa ….q bisa… q bisaa… wes ta lah…. sak iso iso mu lo rek, bibitmu iku yo soko wong tuomu!!. ya beda2 lah alasan qt… banyak alasan, hohohoho…. surga itu dibawah telapak kaki ibu  dan jangan lupa Berdoalah pada Tuhan qt, karena hanya Dia lah yang menentukan segalanya selepas dari semua tips yang kita jalankan dari dari awal sampek akhir

Okeeeeeeee, itu beberapa tips-tips bayangan dari saya mungkin semi curhat dari dalam lubuk hatiku yang paling dalam…dalam banget ibarat kata “dalamnya laut bisa kita ukur, tapi dalamnya hati seseorang siapa yang tau” semoga bermanfaat ya dan yang terpenting semoga yang nulis ini mampu mempraktekkannya…amin, satu kata dari saya “semangat terus rek”

maju terus mahasiswa teknik informatika universitas muhammadiyah gresik